Home ยป Artikel

Perawatan Mesin Mobil: Bagaimana Cara Menjaga Mobil Tetap Sehat dan Berkinerja Baik

Kinerja mesin mobil yang baik dipengaruhi oleh perawatannya. Tanpa perawatan yang baik, mesin mobil akan sering bermasalah. Maka anda perlu memberikan perawatan mesin mobil secara konsisten.

Perawatan Mesin Mobil

Merawat mesin mobil bukan berarti melakukan bongkar mesin dan membersihkan komponennya. Perawatan yang dimaksud lebih sederhana sehingga anda juga bisa melakukannya dengan mudah. Sebut saja seperti mengganti oli secara rutin sehingga kendaraan tidak turun mesin.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Perawatan Mesin Mobil?

Saat ini, perawatan mesin mobil bisa dilakukan dengan mudah di bengkel. Namun untuk perawatan-perawatan ringan, lebih baik anda harus mengetahuinya. Perawatan ringan ini termasuk perlakuan yang anda berikan pada mobil dalam pemakaian sehari-hari.

Komponen kelistrikan mobil bisa bekerja jika aki dalam kondisi baik. Karenanya anda harus secara rutin memeriksa jumlah air aki. Pemeriksaan ini utamanya jika mobil anda menggunakan aki basah.

Idealnya, jumlah air aki adalah diantara tanda lower dan upper. Usahakan air aki tidak berlebihan dan juga tidak kurang agar fungsinya tetap maksimal.

Penting juga untuk memeriksa kondisi ban mobil anda. Seiring waktu penggunaan, ban mobil akan tergerus menjadi semakin tipis. Jika mobil jarang digunakan, maka kondisi ban akan mengeras dan mudah retak karena sifat elastisnya berkurang.

Cara Mengecek Kondisi Oli Mesin

Mungkin anda biasa menggunakan tanggal penggantian oli untuk mengganti oli di periode selanjutnya. Namun ada cara lebih tepat yang bisa anda gunakan sebagai patokan penggantian oli. Caranya adalah dengan mengecek kondisi oli mesin mobil secara berkala.

Mengecek Kondisi Oli Mesin

Anda bisa melakukan pengecekan ini menggunakan alat khusus yang disebut dipstick. Alat ini bentuknya seperti tongkat berukuran kecil yang penggunaannya dicelupkan dalam tangki oli.

Sebelum penggunaan, anda juga harus memastikan dipstick dalam kondisi bersih. Anda bisa menggunakan tisu atau material lain untuk membersihkanya. Perawatan mesin mobil dengan cara ini bisa anda lakukan secara mandiri karena terbilang mudah.

Pertama, anda perlu mengecek kualitas warna oli. Ambil sedikit oli menggunakan dipstick lalu tarus pada permukaan tisu. Jika warnanya masih kuning kehijauan dan tidak gelap, tandanya oli masih bagus. Namun jika terdapat banyak gumpalan dan warnanya kotor, maka sudah saatnya oli diganti.

Anda juga bisa melihat kadar jumlah oli menggunakan dipstick tersebut. Tongkat celup ini dilengkapi dengan titik minimum dan maksimum. Ukurannya adalah sepanjang 2,5 m dari titik minimum. Jika kadar oli sudah mencapai bawah titik minimum, maka harus segera diganti.

Jika anda memilih oli, maka cari jenis yang paling sesuai dengan jenis mesin kendaraan. Penting juga untuk memilih oli dengan tingkat kekentalan yang tepat. Lebih mudahnya anda bisa memilih oli yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Tips Perawatan Mesin Mobil yang Efektif

Ada cara khusus yang bisa anda lakukan dalam perawatan mesin mobil. Langkah-langkah ini tidak sulit sehingga anda hanya perlu konsisten melakukannya. Berikut lima tips merawat mesin mobil yang bisa anda lakukan:

1. Memanaskan mobil setiap hari

Memanaskan mobil juga menjadi poin penting dalam perawatan mesin. Memanaskan mobil harus anda lakukan setiap hari paling tidak sekitar satu menit. Manfaat yang bisa anda dapatkan adalah mesin mobil tetap prima dan kecil kemungkinan untuk bermasalah.

Memanaskan mobil berfungsi untuk meratakan pelumas sebelum kendaraan digunakan. Agar komponen mesin tidak bergesekan, tentunya peran pelumas sangat penting. Jika mobil jarang anda gunakan, maka memanaskannya bisa sedikit lebih lama.

2. Rutin menggunakan mobil untuk berkendara

Beberapa jenis mobil terkadang dibeli hanya untuk dikoleksi. Misalnya beberapa jenis mobil antik maupun mewah. Anda mungkin juga jarang menggunakan mobil karena memiliki banyak koleksi. Meski demikian, perawatan mesin mobil tetap harus anda lakukan.

Yang terpenting usahakan untuk sesekali menggunakannya meski hanya seminggu sekali. Dengan memakainya, kamu bisa mengetahui adanya perubahan kondisi mesin. Karena kebanyakan masalah pada mesin bisa terdeteksi saat anda menggunakannya.

3. Mengganti oli dan filter secara rutin

Oli adalah komponen terpenting dalam perawatan mesin mobil. Karenanya anda harus melakukan penggantian oli secara rutin. Selain itu filter oli juga perlu anda perhatikan. Oli memiliki fungsi utama untuk meminimalisir terjadinya gesekan antar komponen mesin. Tanpa adanya kualitas oli yang baik, anda akan mengalami kerugian besar karena komponen mesin banyak yang rusak.

Idealnya, oli mobil harus diganti setelah mobil menempuh perjalanan 5.000 sampai 10.000 kilometer. Semakin sering mobil berkutat dengan kemacetan dan arus perjalanan sejenis, maka jarak penggantian oli lebih pendek. Waktu penggantian oli yang tepat menjadi cara perawatan mesin mobil yang disarankan.

4. Mengisi air radiator dengan coolant

Air radiator berfungsi untuk mencegah terjadinya overheat pada mesin mobil. Cara kerjanya adalah mendinginkan mesin saat suhunya sudah mencapai batas  tertentu. Maka anda perlu memperhatikan air radiator jangan sampai kering.

Tidak kalah penting, anda harus menggunakan cairan coolant yang direkomendasikan. Cairan coolant mempunyai senyawa anti-rust sehingga ruang radiator bisa awet.

5. Melakukan tune up secara berkala

Untuk menjaga performanya agar tetap optimal, mobil anda juga membutuhkan tune up secara rutin. Anda bisa membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk melakukan tune up. Dengan proses ini, anda bisa mengetahui dengan tepat kapan seharusnya spare part mobil harus diganti.

Kapan Saat yang Tepat untuk Melakukan Perawatan Mesin Mobil

Perawatan mesin mobil secara menyeluruh bisa anda lakukan di bengkel terpercaya. Telah tersedia paket perawatan yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan mobil. Perawatan juga bisa anda lakukan hanya pada komponen komponen mobil tertentu yang sekiranya bermasalah.

Namun kapan sebenarnya anda harus membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan perawatan? Berikut 3 waktu yang tepat untuk anda melakukan perawatan mobil :

1. Tentukan jadwal servis rutin

Perawatan yang utama adalah anda harus melakukannya secara rutin. Jarak waktu servis ini bisa anda kira-kira sendiri berdasarkan frekuensi penggunaan mobil. Semakin sering mobil digunakan, maka jarak servisnya juga harus semakin pendek.

Untuk mempermudah penghitungan, anda bisa menggunakan jarak tempuh mobil sebagai patokan. Idealnya, mobil harus diservis setelah menempuh jarak sekitar 10.000 sampai 20.000 km.

2. Segera servis jika rem tidak bekerja dengan baik

Rem juga merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting. Anda tidak akan bisa berkendara dengan aman jika rem mobil dalam kondisi rusak. Maka anda harus segera mengganti rem tersebut jika sudah tidak berfungsi dengan baik.

3. Suara mesin mobil terdengar kasar

Idealnya, suara mesin mobil yang masih normal akan terdengar halua namun bertenaga. Maka suara mesin yang terdengar kasar adalah indikasi bahwa mesin harus segera diservis. Bisa jadi ada beberapa komponen mesin yang mulai rusak sehingga perlu diganti.

Kesimpulan

Perawatan mesin mobil yang bisa anda lakukan secara mandiri maupun membawanya ke bengkel. Perawatan paling wajib tentunya dengan menjaga kebersihan mobil. Karena dalam kondisi kotor, komponen mobil akan mudah rusak oleh jamur dan senyawa kimia yang menempel.

Untuk cuci mobil dengan hasil bersih maksimal, anda bisa mengandalkan Auto Clean Waterless. Mencuci komponen mesin menggunakan air seminimal mungkin sehingga lebih aman. Anda bisa langsung mengunjungi salah satu cabang terdekatnya untuk mencuci mobil dengan cepat serta hemat.