Home ยป Artikel

5 Langkah Penting untuk Merawat Mesin Mobil Agar Performa Tetap Maksimal

Sebagai pemilik mobil, anda harus memberikan perawatan menyeluruh utamanya pada komponen mesin. Merawat mesin mobil penting untuk dilakukan guna menjaga performa mobil agar tetap maksimal. Kerusakan pada salah satu komponen mesin juga bisa menjadi sebab kerusakan komponen lainnya.

Komponen mesin memang bekerja bersama-sama alias saling terhubung. Maka jika salah satu komponen tidak berfungsi, komponen lainnya juga akan terhambat. Mengabaikan kerusakan komponen mesin berarti anda akan rugi banyak karena banyaknya komponen lain yang akan bermasalah.

Merawat Mesin Mobil
Source : Instagram Autoclenwaterless_indonesia

Sebagai pemilik mobil, anda tentunya tidak ingin jika kendaraan sering bermasalah saat dipakai berkendara. Lalu bagaimana cara merawat mesin mobil agar performanya tetap maksimal? Berikut kami uraikan langkah-langkah penting yang bisa anda realisasikan agar mobil tetap terawat.

Mengganti Oli Secara Rutin

Poin terpenting dalam merawat mesin mobil adalah mengganti oli secara rutin. Dalam komponen mesin, oli memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai pelumas. Jadi saat komponen mesin bergesekan, tidak akan menyebabkan keausan.

Jika oli tidak rutin diganti, maka kinerja mesin mobil akan menurun atau bahkan rusak total. Tentunya anda tidak ingin mobil tiba-tiba mogok bukan? Jika hal ini sampai terjadi, maka biaya yang anda keluarkan akan lebih banyak lagi.

Karenanya perlu mengganti secara rutin dengan oli berkualitas baik. Jangan menggunakan sembarang karena juga akan berpengaruh terhadap hasil akhir dari perawatan mesin yang anda lakukan. Lebih disarankan lagi agar anda menggunakan satu merk oli secara konsisten. 

Membersihkan Filter Udara Secara Berkala

Tidak kalah penting, anda juga harus memperhatikan perawatan filter udara pada mobil. Indikator penggantian filter udara adalah seberapa jauh anda menggunakan mobil untuk berkendara. Artinya, filter udara akan bekerja semakin keras seiring dengan semakin jauhnya jarak yang ditempuh mobil.

Idealnya, filter udara harus diganti setelah digunakan untuk menempuh perjalanan 20.000 sampai 25.000 mil. Namun sebagai opsi lebih aman, disarankan juga untuk mengganti filter udara setelah jarak tempuh 10.000 sampai 15.000 mil. Dengan mengganti filter udara secara teratur, maka anda sudah melakukan cara merawat mesin mobil dengan baik.

Namun standar penggantian ini juga relatif menyesuaikan kondisi yang dialami mobil. Misalnya mobil sering dibawa ke daerah dengan udara kotor, maka akan waktu penggantiannya lebih pendek. Berbeda jika udaranya bersih maka bisa mengambil jeda lebih lama untuk menggantinya.

Selain indikator jarak tempuh, asap yang keluar dari knalpot juga bisa anda jadikan sebagai patokan. Banyaknya asap knalpot berwarna hitam tebal adalah tanda bahwa sistem pembakaran tidak bekerja sempurna. Dalam kondisi ini, maka filter udara sudah saatnya anda ganti dengan yang baru.

Merawat Mesin Pendingin Secara Teratur

Dalam sistem kerja mesin, mobil juga sangat membutuhkan mesin pendingin. Fungsi utama dari sistem pendingin dalam merawat mesin mobil adalah menjaga suhu mobil agar tetap ideal. Karena suhu mesin yang terlalu tinggi bisa menyebabkan konstruksi mesin rusak bahkan meleleh.

Interior Mobil Bersih
Source : Instagram Autocleanwaterless_indonesia

Untuk menciptakan energi, sistem pembakaran mobil memang harus menghasilkan panas yang tinggi. Harus dalam suhu tinggi agar bisa menghasilkan pembakaran yang sempurna. Maka disinilah fungsi sistem pendingin agar suhu tinggi tersebut tidak membahayakan komponen mesin.

Secara otomatis, sistem pendingin akan bekerja saat suhu sudah terlalu tinggi. Caranya yaitu dengan mengalirkan cairan pendingin pada komponen pembakaran. Ada indikator suhu khusus yang memberikan sinyal terkait kapan sistem pendingin harus bekerja.

Dengan suhu ideal, maka kinerja mesin mobil akan tetap optimal. Bisa anda bayangkan sendiri bagaimana jadinya jika sistem pendingin sampai tidak bekerja. Maka sangat disarankan untuk merawat mesin mobil dimulai dari memperhatikan mesin pendinginnya.

Cara sederhana untuk merawat sistem pendingin bisa anda lakukan dengan memarkir mobil ditempat teduh. Hal ini sangat membantu untuk mengurangi beban kerja sistem pendingin.

Cara lainnya bisa anda lakukan dengan memeriksa cairan radiator dan kondisi AC secara rutin. Untuk paket perawatan lengkap dan praktis, anda juga bisa melakukan servis mobil secara teratur.

Menjaga Kestabilan Minyak Pelumas

Untuk menjaga kestabilan minyak pelumas atau oli, yang perlu anda lakukan adalah memilih merk oli yang sesuai. Pilihlah oli yang paling sesuai dengan spesifikasi mobil. Karena setiap jenis mobil, tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Agar bisa menemukan pelumas paling tepat, anda bisa membaca buku panduan yang sudah disediakan. Dalam panduan tersebut, sudah dijelaskan secara lengkap terkait pelumas seperti apa yang dibutuhkan.

Ada institusi yang mengatur standar kualitas oli guna menjaga performa mesin mobil yang disebut API (American Petroleum Institute). Dalam standar ini, kualitas oli dikelompokkan berdasarkan teknologi, masa pakai, jenis, dan beberapa parameter lainnya. Poinnya adalah jangan sampai menggunakan oli dengan API service yang lebih rendah dari standar pabrikan.

Anda juga harus waspada terhadap merk oli palsu agar merawat mesin mobil bisa maksimal. Pilihlah oli yang sudah lulus sertifikasi sehingga kualitasnya sudah tidak diragukan. Di antara badan sertifikasi yang bisa anda jadikan patokan seperti ACEA, API, JASo, dan ILSAC.

Melakukan Perawatan pada Sistem Kelistrikan

Mobil memiliki sistem kelistrikan yang saling terhubung. Hal ini membuat kerusakan pada suatu titik penting bisa merusak sistem kelistrikan secara keseluruhan. Untuk menghindarinya, maka anda harus merawat sistem kelistrikan mobil secara berkala.

Sistem kelistrikan mobil sendiri terbagi kedalam 4 bagian. Diantaranya adalah sistem glow, sistem pengisian, sistem pengapian, dan sistem penggerak mula. Keempat bagian dari sistem kelistrikan ini sangat mempengaruhi performa mobil.

Cara pertama untuk merawat mesin mobil dari komponen kelistrikannya adalah mengontrol soket dan kondisi kabel. Periksa dengan teliti untuk mengetahui kabel yang sobek atau terkelupas. Lebih jauh lagi jika anda menemukan kabel yang putus.

Selanjutnya lakukan penggantian sekring mobil secara teratur. Periksa sekring mobil yang berada di bagian dashboard atau kap mobil. Anda bisa mengganti sekring sekalian saat melakukan tune up atau service.

Penting juga untuk selalu memperhatikan aki sebagai komponen penting dalam sistem kelistrikan mobil. Untuk membersihkan endapan yang menempel, anda perlu menggunakan air panas untuk membersihkan bagian kutub. Baterai dan kabel juga perlu rutin dibersihkan agar tidak terjadi korosi.

Jika anda suka memodifikasi mobil, maka perlu berhati-hati juga saat melakukannya. Jangan asal menambahkan aksesori kelistrikan karena kesalahan penempatan bisa berakibat fatal. Jika memang harus melakukan modifikasi, sebaiknya anda mengkonsultasikan dulu dengan ahlinya.

Kesimpulan

Itulah 5 langkah penting untuk merawat mesin mobil agar performanya tetap maksimal. Untuk efisiensi penggunaan, perawatan penting anda lakukan agar komponen kelistrikan tetap dalam kondisi baik. Meski perawatan membutuhkan biaya, namun tidak seberapa dibandingkan jika komponen sampai rusak.

Selain 5 langkah tersebut, anda juga harus merawat mobil dengan rutin membersihkannya. Sebagai rekomendasi Auto Clean Waterless adalah jasa cuci mobil yang bisa anda pilih. Keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah lebih mengkilap, hemat waktu, dan tentunya lebih hemat biaya.