Home ยป Artikel

10 Penyebab Kerusakan mesin Mobil yang Harus Diwaspadai

Mobil baru memiliki laju yang masih stabil dan sangat bagus karena semua komponennya masih bekerja optimal. Perlu anda pahami bahwa mobil yang sudah cukup lama digunakan juga bisa memiliki performa yang sama. Dengan catatan, tidak ada kerusakan mesin mobil yang sifatnya serius sehingga kinerja sistem terganggu.

Ketahui Beberapa Penyebab Kerusakan Mesin Mobil

Untuk mendapatkan performa terbaiknya, anda perlu merawat seluruh komponen mobil dengan baik. Karena tanpa perawatan, mustahil performa dan kualitas mobil akan terjaga. Selain kegiatan perawatan rutin, anda juga harus memahami sederet penyebab rusaknya mesin mobil.

Kerusakan Mesin Mobil
Source : Instagram primes_asia

Dengan mengetahui penyebabnya, anda bisa menghindari hal-hal yang bisa merusak mesin mobil. Karena tanpa mengetahui hal ini, langkah perawatan yang anda lakukan juga akan kurang maksimal. Setidaknya ada 10 penyebab kerusakan komponen mesin mobil yang perlu anda waspadai.

Overheating

Saat mobil mengalami overheating, maka sudah pasti kerusakan mesin mobil akan terjadi. Diawali dengan komponen mesin mobil yang mulai bermasalah. Diantaranya seperti kepala silinder melengkung, turun mesin, dan mobil mati mendadak.

Overheating sendiri terjadi karena sistem pendingin mobil tidak berfungsi normal. Juga bisa disebabkan karena habisnya air radiator atau kesalahan dalam penggunaan air radiator. Sebagai pencegahan overheating, servis secara rutin adalah langkah terbaik yang bisa anda ambil.

Kerusakan pada Sistem Pendingin (AC)

Jika AC mobil terasa bermasalah, mesin mobil anda juga bisa terdampak. Jadi anda harus segera memperbaiki permasalahan pada AC mobil. Selain itu kerusakan AC tentunya membuat suasana berkendara dalam cuaca panas menjadi tidak nyaman.

AC yang tidak terasa dingin umumnya disebabkan oleh kotornya evaporator, kondensor, dan katup. Penumpukan kotoran ini pada akhirnya akan menghambat sirkulasi udara dan mesin mobil akan terdampak. Karenanya anda harus membersihkan filter kabin paling tidak setiap enam bulan sekali.

Kerusakan pada Sistem Transmisi

Kerusakan mesin mobil juga bisa terjadi karena sistem transmisi yang bermasalah. Untuk menghindari kerusakan ini, anda sebaiknya tidak memaksakan perpindahan gigi mundur saat mobil belum berhenti. Saat menggunakan fitur triptonic, perpindahan gigi juga jangan anda lakukan secara agresif.

Suara Mesin Berisik

Mesin yang terdengar berisik juga perlu anda waspadai sebagai sinyal kerusakan. Hal ini terjadi karena banyaknya kotoran seperti debu yang masuk kedalam sistem AC mobil. Untuk menghindarinya, anda bisa harus memastikan bahwa bagian dalam mobil selalu bersih.

Jika suara mesin mobil mulai terdengar tidak normal, ada baiknya anda segera melakukan pemeriksaan. Bawalah ke bengkel terdekat untuk mencegah kerusakan mesin yang lebih parah.

Mesin Tersedak Setiap Kali Gas Diinjak

Saat mobil anda sudah berusia diatas lima tahun, maka permasalah ini mungkin akan terjadi. Hal ini disebabkan karena komponen mesin yang secara fungsi sudah tidak maksimal. Jika mesin tersedak saat gas diinjak, maka anda perlu segera mewaspadainya sebagai kerusakan mesin mobil.

Diantara komponen yang bisa membuat mesin mobil mati adalah busi yang aus atau berkarat. Merenggangnya jarak busi juga akan membuat aliran listrik menuju mesin kurang maksimal.

Debu dan kotoran yang masuk kedalam komponen mesin juga bisa menjadi penyebab utamanya. Diantaranya seperti injektor yang tersumbat oleh tumpukan kotoran. Selain kotoran, adanya kebocoran pada komponen tertentu juga bisa menghasilkan suara mesin seperti tersedak.

Tenaga Mesin Melemah

Melemahnya tenaga mesin juga menjadi sebab kerusakan pada mesin mobil anda. Kondisi ini bisa anda rasakan dengan jelas jika dalam keseharian sering membawa mobil tersebut untuk berkendara. Anda akan merasakan bahwa kinerja mesin terasa berbeda dari sebelumnya dalam kondisi normal.

Jika kondisi ini sampai terjadi, maka bisa dipastikan salah satu komponen mesin mobil anda mengalami kerusakan. Kondisi ini juga membuat pengatur tekanan bahan bakar atau timing belt rusak.

Permasalahan yang satu ini lebih disarankan agar anda segera membawanya ke bengkel. Harus dilakukan pengecekan lanjutan untuk melihat komponen apa yang rusak dan perlu diganti. Jika terus anda biarkan, maka kerusakan akan semakin parah.

Lampu Indikator Terus Menyala

Sebagai penunjuk jalan, lampu indikator adalah komponen mobil yang sangat penting. Perlu anda catat bahwa lampu indikator hanya akan menyala saat anda mengaktifkan sistemnya. Maka saat anda menekan opsi off, maka lampu juga akan padam.

Jika sampai lampu menyala dan padam tidak sesuai perintah, maka anda perlu waspada. Hal ini menandakan bahwa oli yang digunakan tidak sesuai dengan jenis mobil anda. Jika oli tidak sesuai, maka kerusakan mesin mobil bisa terjadi.

Selalu gunakan oli yang sesuai dengan standar pabrikan agar komponen mesin mobil aman. Tentunya hal ini juga tidak kalah penting dari mengganti oli secara rutin. Karena manfaatnya tidak anda dapatkan meski rutin ganti oli namun dengan jenis yang salah.

Kondisi Kabin yang Kotor

Kebersihan kabin mobil juga perlu anda perhatikan dengan baik. Lakukan pembersihan kabin yang kotor secara rutin menggunakan deep cleaning. Opsi terbaik bisa anda lakukan di Autoclean Waterless sebagai jasa cuci mobil terpercaya.

Mesin Mobil Kotor
Source : Instagram primes_asia

Debu dan kotoran pada kabin mobil bisa terbawa menuju komponen mesin. Hal ini karena ukurannya yang sangat kecil sehingga bisa menembus celah-celah terkecil dalam mobil. Kebersihan kabin juga mempengaruhi kenyamanan anda dalam berkendara.

Kerusakan pada Sistem Pengapian Mobil

Sistem pengapian mobil yang bermasalah juga bisa menyebabkan kerusakan mesin mobil. Secara umum, rusaknya sistem pengapian adalah karena faktor usia pakai. Dalam artian, dalam jangka panjang menjadi hal yang wajar jika sistem pengapian mobil bermasalah.

Dua sistem pengapian mobil yang digunakan adalah delco dan coil on plug. Delco adalah sistem pengapian yang banyak diterapkan pada mobil lawas. Pada sistem ini, jika rusak solusinya harus diganti.

Namun mobil modern sudah banyak beralih pada sistem coil on plug yang bisa digunakan dalam jangka panjang. Dalam sistem ini, mobil tidak akan langsung mogok saat salah satu komponen bermasalah.

Penggunaan Bahan Bakar yang Salah

Terakhir anda juga perlu cermat dalam memilih bahan bakar mobil. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai akan menyebabkan kerusakan mesin mobil. Kesalahan ini alih-alah membuat mobil melaju dengan baik justru akan membuatnya mogok.

Misalnya anda salah mengisi solar padahal mobil anda menggunakan mesin yang membutuhkan bensin. Maka akibatnya mesin mobil akan sulit dinyalakan. Hal ini karena bahan bakar solar memerlukan kompresi tinggi untuk menghasilkan ledakan di ruang pembakaran.

Kesimpulan

Itulah 10 penyebab kerusakan mesin mobil yang harus anda waspadai. Kerusakan pada mesin memang bisa terjadi hanya karena hal-hal yang tampak sepele. Karenanya anda harus memahami hal ini agar tidak terjadi kesalahan.

Mobil yang kurang terawat juga akan membuat kinerja mesinnya kurang maksimal. Tidak selalu perawatan komponen bital namun juga perawatan mobil secara keseluruhan seperti deep cleaning.

Untuk hasil terbaiknya, anda bisa memilih Autoclean Waterless untuk membuat tampilan mobil kembali seperti baru. prosesnya dilakukan menggunakan wax & sealant sehingga hasil akhir lebih mengkilap serta memuaskan. Daripada penasaran, yuk segera buktikan kualitas Autoclean Waterless secara langsung.