Home ยป Artikel

Rekomendasi Pembersih Interior Mobil dan Cara Membersihkannya

Selain mesin yang terawat, interior mobil yang bersih juga menunjang kenyamanan anda dalam berkendara. Cakupan interior adalah semua komponen yang berada di dalam mobil. Tentunya anda harus melakukan perawatan yang seimbang antara bagian interior, eksterior, dan bagian mesin.

Interior Mobil

Anda perlu mengenali komponen interior dengan baik agar bisa memberikan perawatan yang tepat. Beberapa komponen perlu anda cuci dan beberapa komponen lain cukup dilap saja. Anda juga bisa membawa mobil kesayangan ke Auto Clean Waterless untuk menjadikan bagian interiornya bersih terawat.

Apa Saja yang Termasuk Interior Mobil?

Pembersihan bagian interior mobil harus anda lakukan secara menyeluruh secara rutin. Karena semua komponen tersebut sifatnya penting sehingga anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja. Berikut cakupan komponen interior yang perlu anda ketahui :

1. Jok dan karpet

Bagian utama yang harus anda jaga kebersihannya adalah jok dan karpet. Lakukan pembersihan secara rutin agar tidak ada kotoran menumpuk yang membuatnya tampak lusuh. Jika kedua komponen ini berdebu, tentu udara dalam kabin juga akan terasa sesak.

Karpet juga harus anda perhatikan utamanya pada musim hujan. Tentu bagian ini menjadi lebih sering terkena kotoran saat anda menggunakan mobil untuk bepergian. Cucilah karpet pelapis menggunakan cairan khusus agar tidak merusak.

2. Bagian kemudi

Selanjutnya anda juga perlu memperhatikan bagian kemudi atau setir. Selain memastikan komponennya tetap bekerja, tentu anda perlu memperhatikan kebersihannya.

Proses pembersihan juga juga sekaligus menjadi langkah untuk mengecek komponen steering wheel. Di Depan setir, terdapat panel indikator. Speedometer dan komponen lain perlu anda perhatikan kebersihannya untuk meminimalisir terjadinya gangguan.

3. Head unit

Berfungsi menerima semua sinyal audio mobil, head unit juga menjadi komponen penting yang perlu anda jaga kebersihannya. Head unit yaitu berupa layar yang bisa anda gunakan untuk mengatur seluruh sistem audio mobil. Diantaranya pengaturan melalui CD/DVD, radio, dan bluetooth.

Beberapa jenis mobil juga memanfaatkan head unit sebagai layar GPS. Menjaga kebersihan komponen ini akan membuat sensitivitas layar mampu bekerja dengan baik.

4. AC mobil

Komponen penggerak AC masuk dalam komponen mesin mobil. Namun karena outputnya berada di dalam kabin, maka AC termasuk dalam bagian interior mobil. Berfungsi atau tidaknya AC mempengaruhi kenyamanan anda dalam berkendara, utamanya dalam cuaca panas.

Jika AC mobil anda mendadak mati, maka pengecekan perlu dilakukan dengan segera. Untuk menghindari kondisi ini, anda perlu melakukan servis AC secara berkala. Karena seiring waktu penggunaan, pasti terdapat tumpukan kotoran dalam komponen AC.

Bagaimana Cara Merawat Interior Mobil?

Perawatan Interior Mobil

Setelah memahami lingkup bagian interior mobil, selanjutnya anda perlu mengetahui langkah pembersihan yang tepat. Membersihkan bagian interior akan menjaga kenyamanan berkendara sekaligus menjaganya tetap awet. Berikut langkah pembersihan yang disarankan :

1. Menyediakan tempat sampah kecil

Selama menggunakan mobil untuk berkendara, anda mungkin memiliki sampah yang perlu dibuang. Agar sampah ini tidak tergeletak sembarangan dalam kabin, anda bisa menyediakan tempat sampah kecil. Lalu saat menemukan tempat sampah di pemberhentian atau rumah, anda bisa membuangnya dengan mudah.

2. Membersihkan ventilasi Ac

Saat membersihkan kabin, jangan lupa bagian ventilasi Ac juga harus anda perhatikan. Utamanya jika mobil anda menggunakan AC double blower yang rentan menyebabkan virus jika sampai kotor. Cara membersihkannya cukup sederhana yaitu menggunakan kemoceng dan lanjut dilap menggunakan kanebo.

3. Membersihkan bagian pijakan kaki

Utamanya saat musim hujan, interior mobil bagian pijakan kaki akan lebih sering kotor. Mulai dari debu, bercak tanah, dan beragam kotoran lain yang terbawa alas kaki anda. Karenanya anda harus memberikan perhatian pada bagian ini.

Untuk bagian karpet, anda harus melepaskan lalu mencuci secara terpisah. Sementara bagian bawah karpet bisa anda bersihkan dengan mesin vakum. Tidak lupa bagian pedal kemudi juga harus anda bersihkan menggunakan sikat.

4. Membersihkan dashboard

Tidak kalah penting, anda juga harus membersihkan bagian dashboard. Terkadang kotoran pada bagian ini sedikit tersamarkan karena warnanya gelap. Namun kelihatan bersih bukan berarti tidak terdapat kotoran yang menempel sehingga anda harus tetap memperhatikannya.

5. Membersihkan jok

Jok mobil adalah bagian yang pasti anda gunakan saat berkendara. Untuk pembersihan ringan seperti debu, anda bisa menggunakan kemoceng. Sementara untuk kotoran yang lebih sulit dibersihkan, anda bisa menggunakan cairan dan alat khusus.

6. Membersihkan bagian plafon

Meski tidak terkena pijakan kaki, namun bagian plafon juga sama pentingnya untuk anda bersihkan. Plafon mobil dilapisi dengan bahan yang berbeda-beda sehingga anda juga harus menerapkan perlakuan sesuai material pelapisnya. Misalnya seperti lapisan plafon beludru yang proses pembersihannya menggunakan air terlebih dahulu.

7. Menggunakan pengharum mobil

Terakhir anda bisa menambahkan pengharum agar bagian interior mobil memiliki udara yang nyaman dihirup. Pilihlah aroma yang tidak mengganggu kenyamanan anda saat berada dalam mobil.

Manfaat dari Interior yang Bersih

Tentu anda sendiri yang akan merasakan manfaatnya jika bagian interior kendaraan bersih dan terawat. Secara keseluruhan, bagian interior akan eye catching jika anda rajin membersihkannya. Kabin yang kotor akan terasa pengap sehingga perjalanan menjadi tidak nyaman.

Jika bagian interior jarang anda bersihkan, maka akan tercium bau apek karena tumpukan kotoran dan jamur. Kondisi ini juga bisa terjadi karena sisa-sisa makanan yang mungkin tertinggal dalam kabin.

Dengan langkah pembersihan yang tepat, komponen interior akan lebih awet. Jika kondisinya terjaga, maka nilai jual mobil juga akan bertahan dengan stabil. Maka anda tidak akan rugi banyak jika suatu saat harus melepas kendaraan tersebut.

Membersihkan Interior Mobil Pakai Apa?

Membersihkan interior mobil bisa anda lakukan secara mandiri maupun membawanya ke salon mobil. Jika ingin terima praktis, maka anda bisa mengandalkan Auto Clean Waterless untuk hasil terbaiknya.

Jika anda ingin membersihkan secara mandiri, caranya juga cukup mudah dan bisa anda lakukan dengan cepat. Yang perlu anda miliki adalah alat-alat pembersihan yang mudah ditemukan. Diantaranya seperti kemoceng, kain lap, dan wacum cleaner.

Pertama anda bisa menggunakan kemoceng untuk membersihkan debu yang kasat mata. Selanjutnya bisa digunakan vacuum cleaner untuk pembersihan debu yang lebih mendalam.

Selanjutnya anda bisa mengaplikasikan cairan pembersih pada bagian-bagian tertentu. Semprotkan cairan pembersih kemudian gosok secara perlahan menggunakan lap. Dalam menggunakan cairan pembersih, anda perlu hati-hati agar tidak mengenai area elektronik.

Setelah membersihkan, jangan lupa untuk memastikan kondisi kabin benar-benar steril dari air. Anda bisa menggunakan kain microfiber untuk mengangkat sisa-sisa air. Lebih disarankan lagi untuk membersihkan di siang hari agar udara membantu pengeringan lebih cepat.

Kesimpulan

Demikian cara yang disarankan untuk membersihkan interior mobil. Bagaimana anda merawatnya akan menentukan kualitas dan performa mobil anda.

Jika anda membutuhkan pembersihan secara menyeluruh dengan hasil maksimal, anda bisa datang ke Auto Clean Waterless. Proses pembersihan dilakukan dengan produk berkualitas dan pengerjaan yang profesional. Maka anda bisa menyerahkan proses perawatan dan pembersihan mobil anda pada kami.