Home ยป Artikel

Peralatan Cuci Mobil: Mana yang Harus Anda Beli dan Mana yang Bisa Dihindari

Mencuci mobil merupakan kegiatan perawatan yang bisa membuat kualitas mobil tetap terjaga dalam waktu lama. Berbagai noda dan kotoran penyebab kerusakan bisa dihilangkan dengan mencuci mobil secara rutin. Namun anda juga perlu tahu alat pencuci mobil yang harus digunakan untuk hasil maksimal.

Mencuci mobil juga tidak asal menyiramnya saja. Diperlukan teknik dan peralatan khusus agar mobil bisa bersih maksimal. Jika perlu, bersihkan hingga detail seperti bagian bawah mobil secara menyeluruh.

Cara Menentukan Peralatan Cuci Mobil Sesuai Jenis Mobil

Anda mungkin mengalami kesulitan untuk menemukan jenis peralatan cuci mobil mana yang harus dibeli. Alat pencuci mobil memang harus dibeli sesuai dengan kebutuhan pembersihan yang diinginkan. Utamakan membeli peralatan yang menunjang pembersihan secara maksimal serta mudah digunakan.

Jika ingin menggunakannya sebagai alat cuci dirumah, utamakan membeli peralatan dasar yang benar-benar diperlukan. Sesuaikan dengan kebutuhan pembersihan ringan namun bisa digunakan dengan mudah. Karena saat mencuci mobil di rumah, terkadang anda harus melakukannya dengan cepat.

Cuci Mobil Bersih

Untuk kebutuhan bisnis, baru anda bisa sekaligus membeli peralatannya secara lengkap. Buat list terkait peralatan yang akan dibutuhkan dan estimasi biayanya. Setelah planning yang matang, baru anda membelinya secara serempak atau satu-persatu.

Secara umum, cara membersihkan mobil dilakukan dengan langkah yang sama yang terpenting mendapatkan hasil yang bersih. Namun secara khusus, setiap jenis mobil memiliki detail pembersihan yang berbeda-beda. Disinilah mana jenis peralatan yang dibutuhkan juga berbeda.

Diantaranya seperti bagaimana anda memilih mesin cuci mobil berkekuatan tinggi. Selain kesesuaian dengan jenis mobil, penting juga untuk mempertimbangkan kesesuaian daya listriknya.

Jenis-Jenis Peralatan Cuci Mobil

Peralatan cuci mobil adalah komponen dasar yang anda butuhkan untuk mulai membersihkan mobil. Tanpa peralatan yang tepat, membersihkan mobil akan lebih sulit dan membutuhkan waktu lama. Langsung saja, berikut daftar peralatan yang anda butuhkan :

1. Selang

Alat pencuci mobil yang sangat dibutuhkan adalah selang. Saat mencuci mobil, anda membutuhkan air mengalir agar mudah digunakan. Maka sebaiknya kamu juga memiliki sumber air terdekat yang bisa dialirkan dengan selang.

Tanpa selang, membersihkan mobil akan membutuhkan waktu yang lama. Terhitung dari proses penyiraman bodi mobil hingga membersihkan bagian yang sulit dijangkau.

Saat membeli selang, usahakan jangan membeli dengan panjang terbatas. Hal ini agar kamu bisa lebih leluasa berpindah-pindah saat membersihkan mobil. Dengan selang, gerakanmu akan lebih fleksibel sehingga pembersihan selesai lebih cepat.

2. Shampo snow

Mencuci mobil sebaiknya juga tidak anda lakukan dengan sembarang sabun atau shampo. Telah disediakan shampo khusus yang tidak merusak kualitas cat mobil. Anda bisa menggunakan shampo snow atau shampo salju untuk hasil yang lebih maksimal.

Shampo snow akan membersihkan noda membandel dengan lebih baik. Karenanya kamu bisa mendapatkan hasil cucian yang lebih sempurna. Untuk shampo khusus ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di marketplace atau toko terdekat.

3. Spons

Agar proses pembersihan lebih mudah, kamu juga membutuhkan spons untuk meratakan shampo pada seluruh bodi mobil. Gunakan spon khusus berukuran besar agar proses pembersihan bisa lebih cepat. Campurkan spons dengan shampo kemudian ratakan pada seluruh bodi mobil.

4. Kanebo

Setelah mobil selesai dicuci, air yang masih tersisa sebaiknya dilap sebelum kering. Karena air yang mengering sendiri justru akan meninggalkan water spot. Segera lap air tersebut sebelum kering dan membuat bodi mobil kembali kotor.

Dalam tahap ini, disarankan menggunakan kanebo yang bisa menyerap air dengan lebih baik. Lakukan secara menyeluruh dan bedakan kanebo untuk bodi atas dan kolong mobil

5. Semir ban

Sebagai pelengkap alat pencuci mobil, anda juga membutuhkan semir ban. Tampilan mobil juga akan lebih bersih karena bagian ban disemir sehingga kembali mengkilap.

Semir ban ini sekaligus memberikan perawatan terhadap ban mobil anda. Bagian ban yang kurang terawat akan timbul retak-retak dan terlihat kering. Karenanya kamu perlu mengaplikasikan semir ban setelah proses pencucian.

6. Vacuum cleaner

Jika bagian luar mobil, dicuci secara rutin menggunakan air, maka bagian luarnya juga perlu dibersihkan. Gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat debu dan kotoran kecil dalam kabin. Diantara bagian kabin yang dibersihkan yaitu jok, karpet, dan dashboard.

7. Pompa hidrolik

Jika anda hendak memulai usaha cuci mobil, maka perlu melengkapi alat pencuci mobil dengan pompa hidrolik. Bagian kolong tidak akan bersih sempurna jika kamu tidak melihat detailnya secara langsung. Maka dibutuhkan pompa hidrolik agar bagian kolong bisa dibersihkan secara menyeluruh.

Perbedaan Kualitas Peralatan Cuci Mobil

Setelah mengetahui daftar peralatan yang dibutuhkan, selanjutnya anda bisa langsung survei merek. Setiap merk tentunya memiliki kualitas yang berbeda-beda. Maka pilihlah merk terbaik dengan reviu pasar yang bagus.

Peralatan Cuci Mobil

Utamakan membeli peralatan berkualitas agar umur simpan nya juga lebih awet. Karena peralatan tersebut akan anda gunakan secara rutin dalam jangka waktu yang lama.

Peralatan Cuci Mobil Alternatif Yang Efisien Dan Hemat Biaya

Peralatan cuci mobil alternatif bisa anda beli jika ingin melakukan pencucian secara mandiri. Gunakan peralatan dasar yang cukup untuk membersihkan mobil secara menyeluruh. Selama peralatan sudah tersedia, anda siap mencuci mobil kapan saja.

Solusi terbaiknya juga bisa anda bawa ke Auto Clean Waterless. Dengan menggunakan wax & sealant, hasilnya akan lebih mengkilap dibandingkan proses pencucian konvensional.

Tips Menjaga Dan Merawat Peralatan Cuci Mobil Agar Tahan Lama

Selain mencuci mobil dengan baik, penting juga untuk merawat alat pencuci mobil yang anda miliki. Merawatnya dengan baik akan lebih hemat biaya karena tahan lama sehingga tidak perlu beli lagi. 

Berikut selengkapnya cara perawatan peralatan yang bisa anda terapkan :

1. Bersihkan peralatan setelah digunakan

Poin penting dalam perawatan peralatan adalah dibersihkan setelah penggunaan. Jangan biarkan peralatan tergeletak begitu saja setelah proses pencucian. Minimal bilas dengan air bersih kemudian letakan ditempat yang kering.

2. Letakkan ditempat yang teduh

Anda juga harus meletakkan peralatan cuci mobil ditempat yang teduh. Dalam artian, jangan membiarkannya tertinggal di bawah terik matahari.

3. Gunakan peralatan dengan hati-hati

Selain prosedur penggunaan, perhatian saat menggunakan peralatan juga berperan penting. Gunakan peralatan dengan hati-hati sehingga tidak memicu kerusakan. Kecerobohan saat menggunakan peralatan akan membuatnya tidak tahan lama dan mudah rusak.

Kesimpulan

Itulah daftar alat pencuci mobil yang harus anda miliki baik untuk pribadi maupun usaha car wash. Terdapat peralatan dasar yang wajib anda miliki agar proses pencucian lebih mudah.

Selain mencuci sendiri, anda bisa membawa mobil ke Auto Clean Waterless. Cabangnya sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia sehingga bisa anda temukan dengan mudah. Dengan hasil maksimal, anda sekaligus mendapatkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan cucian mobil sejenis.